Rabu, 02 Desember 2009

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

Pendahuluan Latar Belakang
Sejalan dengan tantangan global, peran dan tanggung jawab guru pada masa mendatang akan semakin kompleks, sehingga menuntut guru untuk senantiasa melakukan berbagai peningkatan dan penyesuaian kemampuan professional. Guru harus lebih dinamis dan kreatif dalam mengembangkan proses pembelajaran peserta didik. Guru dimasa mendatang tidak lagi menjadi satu-satunya orang yang palaing well informed terhadap berbagai informasi dan pengetahuan yang sedang tumbuh,berkembang,berinteraksi dengan manusia di jagat raya ini. Di masa depan guru, bukan satu-satunya orang yang lebih pandai di tengah-tengah peserta didiknya.

Jika guru tidak memahami mekanisme dan pola penyebaran informasi yang demikian cepat,ia akan terpuruk secara professional.Kalau hal ini terjadi,a akan kehilangan kepercayaan baik dari pesrta didik,orang tua maupun masyarakat. Untuk menghadapi tantangan profesionalitas tersebut,perlu berfikir secara antisipatif dan proaktif.Artinya guru harus melakukan pembaruan ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya secara terus menerus. Disamping itu, guru masa depan harus paham penelitian gina mendukung terhadap efektifitas pengajaran yang dilakanakannya,sehingga dengan dukungan hasil penelitian guru terjebak pada praktek pengajaran yang menurut asumsi mereka sudah efektif,namun kenyataan justru mematikan kreatifias para peserta didiknya. Begitu juga,dengan dukungan hasil penelitian yang mutakhir memungkinkan guru untuk melakukan pengajaran yang berfariasi dari tahun ke tahun,disesuaikan dengan konteks perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang sedang berlangsung.

Pengertian Peran Guru Dalam Pembelajaran
Peran guru sebagai pendidik (nurturer) merupakan peran-peran yang berkaitan dengan tugas-tugas membri bantuan dan dorongan (supporter) tugas-tugas pengawasan dan pembinaan (supervisor) serta tugas-tugas yang berkaitan dengan mendisiplinkan anak agar anak itu menjadi patuh terhadap aturan-aturan sekolah dan norma hidup dalam keluarga dan masyarakat. Tugas-tugas ini berkaitan dengan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak untuk memperoleh pengalaman-pengalaman lebih lanjut seperti penggunaan kesehatan jasmani,bebas dari orang tua,dan orang dewasa lain, moralitas dan tanggung jawab kemasyarakatan,pengetahuan dan keterampilan dasar,persiapan untuk perkawinan dan hidup berkeluarga,pemilihan jabatan dan hal-hal yang bersifat personal dan spiritual.

Oleh karena itu tugas guru dapat disebut pendidik dan pemelihara anak. guru sebagai penanggung jawab pendisiplinan anak harus mengontrol setiap aktifitas anak-anak agar tingkah laku anak tidak menyimpang denan norma-norma yang ada.

Macam-macam peran guru dalam pembelajaran

1. Peran guru sebagai model atau contoh bagi anak
Setiap anak mengharapkan guru mereka dapat menjadi contoh atau model baginya. Oleh Karena itu tingkah laku pendidik baik guru, orang tua atau tokoh-tokoh masyarakat harus sesuai dengan norma-nora yang dianut oleh masyarakar,bangsa dan Negara. Karena nilai dasar Negara dan bangsa Indonesia adalah Pancasila,maka ingkah laku pendidik harus selalu diresapi oleh nilai-nilai pancasila.

2. Peran guru sebagai pengajar dan pembimbing dala pengalaman belajar
Setiap guru harus memberikan pengetahuan,keterampilan dan pengalaman lain diluar fungsi sekolah seperti persiapan perkawinan dan kehidupan keluarga, hasil belajar yang berupa tingkah laku pribadi dan spiritual dan meilih pekerjaan di masyrakat, hasil belajar yang berkaitan dengan tanggung jawab sosial tingkah laku social anak. Kurikulum harus berisi hal-hal tersebut di atas sehingga anak memiliki pribadi yang sesuai dengan nlai-nilai hidup yang dianut oleh bangsa dan negaranya, mempunyai pengetahuan dan keterampilan dasar untuk hidup dalam masyarakat dan pengetahuan untuk mengembangkan kemampuannya lebih lanjut.

3. Peran guru sebagai pelajar (leamer).
Seorang guru dituntut untuk selalu menambah pengetahuan dan keterampilan agar supaya pengetahun dan keterampilan yang dikuasai tidak hanya terbatas pada pengetahuan yang berkaitan dengan pengembangan tugas professional, tetapi juga tugas kemasyarakatan maupun tugas kemanusiaan.



4. Peran guru sebagai setiawan dalam lembaga pendidikan.
Seorang guru diharapkan dapat membantu dalam mengembangkan kemampuannya. Bantuan dapat secara langsung melalui petemuan-pertemuan resmi maupun pertemuan insidental.

5. Peran guru sebagai komunikator pembangunan masyarakat.
Seorang guru diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan di segala bidang yang sedang dilakukan. Ia dapat mengembangkan kemampuannya pada bidang-bidang yang dikuasainya.

6. Peran guru sebagai administrator.
Seorang guru tidak hanya sebagai pendidik dan pengajar, tetapi juga sebagai administrator pada bidang pendidikan dan pengajaran. Oleh karena itu seorang guru dituntut bekerja administrasi teratur. Segala pelaksanaan dalam kegiatannya proses belajar mengajar perlu diadministrasikan secara baik. Sebab administrasi yang dikerjakan seperti memmbuat rencana mengajar, mencatat hasil belajar dan sebagainya merupakan dokumen yang berharaga bahwa ia telah melaksanakan tugasnya dengan baik.

Dalam era kemandirian sekolah danera Manajemen Berbasis sekolah (MBS), tugas dan tanggung jawab yang pertama dan yang utama dari para pimpinan sekolah adalah menciptakan sekolah yang mereka pimpin menjadi semakin efektif, dalam arti menjadi semakin bermanfaat bagi sekolah itu sendiri dan bagi masyarakat luas penggunanya. Agar tugas dan tanggung jawab para pimpinan sekolah tersebut menjadi nyata,kiranya mereka perlu memahami,mendalami,dan menerapkan beberapa konsep ilmu manajemen yang dewasa ini telah dikembang mekarkan oleh pemikir-pemikir dfalam dunia bisnis.

Peran Guru dalam Proses Pendidikan
Efektifitas dan efisien belajar individu disekolah sangat bergantung kepada Peran guru Seorang guru yang ideal seyogyanya dapat berperan sebagai:
a. Konservator (Pemelihara)
Sistem nilai yang merupakan sumber norma kecerdasan.
b. Inovator (Pengembang)
Sistem ilmu pengetahuan.

c. Transmitor (Penerus)
Sistem-sistem nilai tersebut kepada peserta didik
d. Transformator (Penterjemah)
Sistem-sistem nilai tersebutmelalui penjelmaan dalam pribadinya dan perilakunya dalam proses interaksi dengan sasaran didik.
e. Organisator (Penyelenggara)
Terciptanya proses edukatif yang dapat dipertanggungjawabkan,baik secara formal (kepada pihak yang mengangkat dan menugaskannya) maupun secara moral(kepada sasaran didik,serta Tuhan yang menciptakannya).

Peran Guru Dalam Proses pembelajaran peserta didik
a. guru sebagai perencana (Planner)Yang harus mempersiapkan apa yang akan dilakukan didalam proses belajar mengajar
b. guru sebagai pelaksana (Organizer)
Yang harus dapat menciptakan situasi,memimpin,merangsang,menggerakan, dan mengarahkan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan rencana,, dimana ia bertindak sebagai orang sumber,konsultan kepemimpinan yang bijaksana dalam arti demokratik dan humanistic (manusiawi)selama proses berlangsung.
c. guru sebagai penilai (Evaluator)
Yang harus mengumpulkan,menganalisa,menafsirkan,dan akhirnya harus memberikan pertimbangan,atas tingkat keberhasilan proses pembelajaran,berdasarkan criteria yang ditetapkan,baik mengenai aspek keefektipan prosesnya maupun kulifikasi produknya.
d. guru sebagai Pembimbing (Teacher Ccounsel)
Dimana guru dituntut untuk mampu mengidentifikasi peserta didik yang diduga mengalami kesulitan dalam belajar,dan kalau masih dalam batas kewenangannya,harus membantu pemecahannya (remedial teaching).

Peran Guru Di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat
Disekolah guru berperan sebagai perancang pembelajaran,pengelola pembelajaran,penilai hasil pembelajaran peserta didik,pengarag pembelajaran,dan pembimbing peserta didik.Sedangkan dalam kelurga, guru berperan sebagaipendidik dalam keluarga (pamily educator). Sementara itu dimasyarakat, guru berperan sebagai Pembina masyarakat (social developer),agen masyarakat (socil masyarakat).
Lebih jauh dikemukakan pula tentang peranan guru yang berhubungan dengan aktivitas pengajaran an adminisrasi pendidikan,diri pribadi,dan dari sudut pandang psikologis.

Dalam hubungannya dengan aktivitas pembelajaran dan administasi pendidikan, guru berperan sebagai:
a. Pengambil inisiatif,pengarah dan penilai pendidikan.
b. Wakil masyarakat disekolah Artinya guru berperan sebagai pembawa suara an kepentingan masyarakat dalam pendidikan.
c. Seorang pakar alam bidangnya Yaitu mengusai bahan yang harus dikerjakannya
d. Penegak disiplin Yaitu guru harus menjaga agar para peserta didik melaksanakan disiplin
e. Pelaksana administrasi pendidikan Yaitu guru bertanggung jawab agar pendidikan dapat berlangsung dengan baik.
f. Pemimpin generasi muda Artinya guru bertanggung jawab untuk mengarahkan perkembangan peserta didik sebagai generasi muda yang akan menjadi pewaris masa depan
g. Penterjemah kepada masyarakat Yaitu guru berperan untuk menyampaikan berbagai masyarakat.

Dipandang dari segi diri pribadinya,seorang guru berperan sebagai :
a. Pekerja social Yaitu seorang yang harus memberikan pelayanan pelayanan kepada masyarakat.
b. Pelajar dan ilmuan Yaitu seorang yang harus senantiasa belajar secara terus menerus untuk mengembangkan penguasaan keilmuannya.
c. Orang Tua Artinya guru adalah wakil dari orang tua peserta didik bagi setiap peserta didik disekolah
d. Model Keteladanan Artinya guru adalah model perilaku yang harus dicontoh oleh para peserta didik.
e. Pemberi keselamatan bagi setiap peserta didik diharapkan akan merasa aman berada dalam didikan gurunya.

Dipandang dari sudut secara biologis, guru berperan sebagai;
a. Pakar psikologis pendidikan Artinya guru merupakan seorang yang memahami psikologi penidikan dan mampu mengamalkanya dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
b. Seniman dalam hubungan antar manusia Artinya guru adalah orang yang memiliki kemampuan menciptakan suasana hubungan antar manusia khususnya dengan para peserta didik sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan.
c. Pembentuk kelompok Yaitu mampu membentuk menciptakan kelompok dan akivitasnya sebagai cara untuk mencapai tujuan pendidikan
d. Inovator guru merupakan oran yang mampu menciptakan suatu pembaharuan bagi membuat suatu hal yang baik
e. Petugas kesehatan mental Artinya guru bertanggung jawab bagi terciptanya kesehatan mental para peserta didik

Semua orang yakin bahwa guru memiliki adil yang sangat besar dalam membentuk perkembangan peserta didik untuk menwujudkan tujuan hidupnya. Secara optimal keyakinan ini muncul karena manusia adalah makhluk lemah yang dalam perkembangan senantiasa membutuhkan orang lain sejak lahir bahkan pada saat meninggal.

Minat, bakat, kemampuan dan potensi yang dimiliki peserta didik tidak dapat berkembang secara optimal tanpa bantuan guru dalam kaitan ini guru dalam hal ini guru perlu memperhatikan peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secar optimal. Dalam hai ini guru harus kreatif, professional dan menyenangkan dengan memposisikan diri sebagai berikut.

Guru sebagai pendidik
Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh, panutan dan identifikasi bagi para peserta didik dan di lingkungan yang mencakup tanggung jawab, wibawa, mandiri dan disiplin.

Berkaitan dengan tanggung jawab : guru harus mengetahui serta memahami nilai, norma, moral dan social, serta perilaku berbuat sesuai dengan nilai dan norma tersebut. Guru juga harus bertanggung jawab terhadap segala tindakannya dalam pembelajaran di sekolah dan dalam kehidupan bermasyarakat. Demikian juda guru harus mampu mengambil keputusan secara mandiri.

Kode Etika Profesi Guru
§ Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk Manusia Pembangunan Pancasila.
§ Guru menghormati hak individu dan kepribadian anak didiknya masing-masing
§ Guru berusaha mensukseskan pendidik yang serasi jasmani rohani bagi anak didiknya.
§ Guru melatih dalam memecahkan masalah-masalah dan membina daya kreasi anak didik agar kelah dapat menunjang masyarakat yang sedang membangun.
§ Guru membantu sekolah di dalam usaha menanamkan pengetahuan ketrampilan kepada anak didik.
§ Guru memiliki professional. Sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
§ Guru menghargai dan memperhatikan perbedaan dan kebutuhan anak didiknya masing-masing
§ Guru hendaknya luwes di dalam menerapkan kurikulum sesuai dengan kebutukan anak didik masing-masing.
§ Guru memberi pelajaran di dalam dan di luar sekolah berdasarkan kurilulum tanpa membedakan jenis dan posisi orang tua muridnya
§ Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid.
§ Guru menciptakan kehidupan sekolaj sehingga anak didik betah berada belajar di sekolah.
§ Guru menciptakan hubungan baik dengan orang tua muris sehingga terjalin pertukaran informasi timbale balik untuk kepentingan anak didik dan lain-lain.
§ Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik.
§ Guru berkaitan membimbing anak didik sentuhannya untuk membentuk manusia pembangunan pancasila.
§ Untuk menghasilkan pendidik , maka guru harus terus mengetahui kepribadian anak dan latar belakang keluarganya.
§ Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di sekitar sekolahnya
§ Komunikasi guru ini hanya diadakan semata-mata untuk kepentingan pendidikan anak didik.
§ Guru harus memperluas pengetahuan masyarakat mengenai profesi keguruan.
§ Guru turut menyebarkan program-program pendidikan dan kebudayaan di tempat itu dan kepada masyarakat sekitarnya.
§ Guru secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama mengembangkan dan meningkatkan mutu profesi :
Guru melanjutkan studinya dengan :
o Membaca buku
o Mengikuti lokarya, seminar, gerakan koperasi dan pertemuan pendidikan dan keilmuan lainnya.
o Mengikuti penataran
o Mengadakan kegiatan-kegiatan penelitian
Guru selalu berbicara, besikap dan bertindak sesuai dengan martabat pofesinya
§ Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesame guru di lingkungan kerja maupun hubungan keseluruhan.
§ Guru senantiasa saling bertukat informasi, pendapat, saling menasehati dan Bantu-membantu satu sama lainnya, bail dalam hubungan kepentingan pribadi maupun dalam tugas menunaikan tugas dan profesinya.
§ Guru jangan melakukan tindakan-tindakan yang merugikan nama baik rekad seprofesinya dalam menunjang martabat guru baik secara keseluruhan maupun pribadi.

Penutup Kesimpulan
guru di sekolah adalah pendidik,tugasnya membimbing dan mendampingi siswa agar kelak dapat hidup mandiri,sedangkan guru di Bimbel adalah pengajar,tugasnya member bimbingan yang ekstra atau lebih kepada siswa dapat menjawab soal dengan cepat dan tepat. Dalam KTSP, guru adalah inisiator,konseptor,planner dan programmer. Dengan kata lain, guru disekolah adalah pembimbing siswa agar belajar menurut bakat dan minatnya.

Peran guru sebagai perncana (planner) pada tahap ini melakukan identifikasi masalah yang ada dikelas yang akan digunakan untuk kegiatan lesson study dan perencanaan alternatif pemecahannya,selanjutnya disusun dan dikemas dalam suatu perangkat pembelajaran yang terdiri atas:
1. Rencana pembelajaran
2. Petunjuk pelaksanaan pambelajaran
3. Lembar kerja siswa
4. Media atau alat peraga pembelajaran
5. Instrumen penilaian pross hasil pembelajaran
6. Lembar obserfasi pembelajaran

NINUK DWI WURIYANI 5525089386 ALIH PROGRAM BUSANA 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar